Review Buku SM Entertainment Salah Gaul




Judul: SM Entertainment Salah Gaul
Penulis: @SMEntSalahGaul
Penerbit: Wahyumedia
Halaman: iv + 160
Cetakan ketiga 2012

*Blurb*
SMent Salah Gaul itu apaan ya?
SMent Salah Gaul itu makanan apa?
SMent Salah Gaul itu makhluk apa sih?
Gue yakin banget pasti pertanyaan itu yang sedang menghantui kepala elo semua, iya kan? Pasti kan? Jadi begini, SMent Salah Gaul itu adalah satu akun fanbase Twitter K-Pop. Dulu akun itu dibuat untuk sekedar menghibur, tapi nggak nyangka berkembang pesat.
Hiburan ini berupa lawakan-lawakan (parodi) berbau Korea. Nah, tokoh-tokoh yang ada di dalam lawakan itu pake nama member SM Entertainment (manajemen ternama di Korea Selatan). Buat kalian-kalian yang ngerti soal dunia per-Kpop-an *halah bahasanya* mungkin akan nyambung dengan lawakan-lawakan dari kita. YANG PERLU DIINGAT!!! Parodian ini bukan berarti melecehkan boyband dan girlband Korea, tapi hanya sekedar HIBURAN!

*Review*
Sebenernya buku ini udah dibeli sejak 3 tahun yang lalu berhubung gue lagi liburan, gue nyempetin buat ngerefresh otak dengan buku ini dengan harapan gue kehibur plus bisa ngisi blog gue yang baru netes dan hanya dihuni dua burung yang sedang jatuh cinta (apa ini??? #abaikan) dengan review-an buku. Nanti kalau bahasa gue di postingan ini agak ambruladul atau malah sangat ambruladul mohon dimaklumi karena gue masih dalam tahap ‘iseng-iseng nge-review buku yang udah terbit lama’. Ok guys, gue rasa sambutan gue cukup sampai disini saatnya kembali ke laptop!

Buku SM Entertainment Salah Gaul atau yang sering disingkat dengan SMSG ini berisi humor plesetan yang mengkhususkan untuk memparodikan artis-artis yang bernaung dibawah SM Entertainment/SMENT. Walau begitu, dalam buku ini ada beberapa plesetan artis yang berada diluar jangkauan eh diluar agensi SMENT maksudnya. Buat yang belum tau, SMENT ini rumah buat artis Korea macem TVXQ, Suju, SNSD, SHINee, f(x), EXO, Red Velvet, dan masih banyak lagi. Tapi, karena buku ini terbit tahun 2012, khusus Red Velvet belum ada di buku ini. Oh ya, di buku ini juga nggak cuma memparodikan artis SMENT aja, tapi juga memparodikan hewan peliharaan artis SMENT. Dan nggak ketinggalan juga, buku ini menambahkan Dora sebagai salah satu castnya.
Buku ini sendiri berasal dari cuitan akun @SMEntSalahGaul dimana tweet-tweet mereka juga berisi plesetan dari boyband girlband Korea dan sampai sekarang mereka masih aktif di dunia ‘perplesetan’.
Untuk format isinya macem-macem; ada parodi drama ’49 Days’ yang diplesetin jadi ’29 Days’, lirik salah gaul, parodi ‘Redaksi Informasi’ jadi ‘Bedaksi Informasi’, Bedaksi Updates, Bedaksi Facabook, Pantun, Quotes, Gombal Salah Gaul, 7 Kategori Versi SMEnt Salah Gaul (kpop Charts, iklan salah gaul, film salah gaul, dll), Tips Salah Gaul, EXO Story (yang ini bikin ngakak meski rada gaje), games, dan masih banyak lagi.

Buku ini lumayan mengibur walaupun waktu pertama kali baca sampai sekarang gue ngakaknya cuma di bab itu-itu aja, yang lainnya berasa garing. Entah karena gue yang nggak dong/selera humor gue yang rendah. Tapi tetep banyak ngakaknya kok.

Secara keseluruhan buku ini kreatif banget, because penulis bisa ngambil sisi lucu dari artis SMENT. Tentunya buku ini punya sisi kelemahan di segi target pembaca. Nggak semua orang bisa baca buku ini karena paling nggak kita rada ngerti dunia per-Kpop-an biar bisa ngakak maupun guling-guling saat baca buku ini. Kalau nggak tau sama sekali wah… jangankan menikmati, memahami aja sulit. Pengalaman temen gue yang buta tentang dunia per-Kpop-an pinjem ni buku, waktu baca dia tanya terus ><. Yang Ddangkoma siapalah, Victoria siapa, sampe dia tanya yadong itu apa -_- Yang paling ngeselin pas tanya lah terus lucunya dimana? Aarrrgghhhh…. Pengen nyekik tu bocah kau aja dia bukan makhluk hidup (yang ini jangan ditiru guys).

Ah ya, disini juga ada beberapa typo. Tapi, sorry kalau koreksi typonya nggak lengkap soalnya gue baca lompat-lompat. Dan sorry juga kalau semisalnya kalimat itu sebenernya bener tapi gue salahin.
1. Berneran deh, nggak enak ya jadi kura-kura. (hal 9)Mungkin maksudnya beneran.
2.  ‘Gue yang waktu itu punya utang sama Luhan pun langsung meninggalkan panci di dekat odong-odong.’ tapi di kalimat lanjutannya, ‘Ternyata gue lupa kalo gue masih punya utang sama Luhan……’ (hal10)
Sebenernya dia ingat apa nggak? Atau gue yang salah dalam memahami ceritanya.
3. “…… Lo juga ngingeting gue sama utang panci Amber? ….” (hal 16)
Mungkin maksudnya ngingetin. 
4.  Di halaman 45, yang buat status ‘Ini rumah serem bnget ya :3’ kan Telur Ungu. Tapi yang komen pertama juga Telur Ungu mana komennya ‘Coba deh pakein Olay’. Mungkin sebenernya yang bikin status Sungmin ya…

Bonus buat readers nih, cuplikan dari buku SMSG yang gue ambil secara acak:

1. Karena dinilai kemahalan, YGEnt mengganti nama fandom BigBang dari VIP menjadi Tribune. (hal 41)
2. 2NE1 Bom, diringkus Tim Gegana karena dapat meledak sewaktu-waktu dan dinilai membahayakan. (hal 42)
3. Tapi kata ‘colek’ di Facebook juga seharusnya diganti menjadi ‘bacok’. (SMEnt Salah Gaul mebacok anda: Bacok kembali) (hal 43)
Pasti kalo bacok-bacokan gitu kita juga nemuin rumah sakit sama polisi di beranda Facebook kita. (hal44) 
4. Tak ada manusia yang terlahir sempurna. Huh untung aja gue kura-kura. Ddangkoma (hal 49)
5. Nilai kerja sama memang penting. Apalagi waktu ulangan. Dia yang kerja, gue tinggal sama-samain. Henry (hal 49)
5. Amber: Kucekin noda dibaju gue dong, nggak mau ilang nih. 
    Kai: Jangan dikucek! Pake ini, Insto kemasan terbaru #SalahIklan (hai 57)
6. Krystal: Eh kamu, ngapain foto pahlawannya diputer-puter?
    Murid: Maaf bu, saya nggak sopan ya?
    Krystal: Bukan, kasihan kan pahlawannya? Nanti dia pusing, loh.
(galaxyninda)

Share:

0 komentar